Anemia pada ibu hamil


Ceritanya begini pengunjung yang saya hormati, tadi siang saya berbenah rumah yang sudah seperti kapal pecah  kemudian ketemu brosur tentang obat vitamin penambah darah yang dikasih waktu pertemuan bidan bulan kemarin. Terus jadi mikir….dan mikir…. Masih mikir….aha, I’ve got idea! Sebelum saya kasih ke tukang sayur mending ilmu ini saya share:)

Tanpa banyak cas-cis-cus langsung menuju te ka pe.

Saat hamil, seoarang wanita memiliki kebutuhan yang melipat dibanding ketika tidak hami. Ibu memerlukan tambahan volume darah 40-60%. Nah, jika keperluan itu tidak terpenuhi maka ibu akan mengalami anemia. Keadaan ini harus diwaspadai karena dapat mengakibatkan tubuh mudah lelah, mengantuk, pusing, muntah, mata berkunang-kunang karena berkurangnya jumlah oksigen. Selain itu dapat menyebabkan palpitasi, yaitu  ibu menjadi gelisah atau tidak nyaman karena detak jantung tidak teratur atau lebih keras. Kalau di negeri mak’e hanah di Mboyolali sono biasa disebut deg-degan.

Ibu anemia dalam proses melahirkan maka yang paling dikhawatirkan bisa menimbulkan perdarahan, karena  gangguan kontraksi pada otot rahim. Dan menurunnya kemampuan mengejan sehingga persalinan menjadi lama. Nah kalau persalinan lama, resikonya juga sampai ke bayi. Ya i yalah… bayi puyeng karena terlalu lama kepalanya kegenjet di jalan lahir.

Bayi yang lahir pada ibu anemia memiliki kecenderungan mempunyai berat badan lahir yang rendah. dalam ilmu MbaK dukun, berat badan bayi ini kurang dari 2500 gram. Ada juga yang beresiko cacat bawaan dan memiliki kondisi intelektual yang rendah sampai kematian bayi.

Nah, maka dari itu kalau bidan memberi tablet zat besi harus diminum. Kan Cuma sekali sehari, karena dosis yang direkomendasikan sebesar 60-90 mg/hari.

Nah lagi, ada tips bagus warisan dosen ane yang baik. Kalau minum zat besi khusus ferrous fumarat (ff) Sebaiknya dibarengi dengan vitamin C karena bisa meningkatkan peyerapan.

Sekian dulu dari ane, semoga member I manfaat kepada kita semua. amiin,

Jangan lupa tinggalkan komeng🙂

 

2 thoughts on “Anemia pada ibu hamil

    • we lha dalah, mba ziza tho. maaf baru replay…
      baru punya pulsa,
      kajian ga pernah keliatan ku pikir lagi bantuin ipin upin nyari harta karun. ternyata pulang cireb mau gedein peyut hihihi
      becarepull hani….
      makasih kunjungannya,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s