Gizi dalam kehamilan

Tahukah ibu, bahwa janin dalam kandungan mengalami proses pertumbuhan yang sangat pesat. Dari sebuah peleburan sel inti berkembang menjadi segumpal darah hingga membentuk janin yang berwujud manusia maka janin membutuhkan sejumlah zat makanan. Energi dan bahan bakar untuk pertumbuhan tersebut datang dari ibu, atau lebih tepatnya dari makan yang ibu makan selama mengandung. Karena itu, gizi dalam kehamilan sangatlah penting.

Namun, kadang kurang pengetahuan kita menjadikan kita salah dalam memperlakukan pemenuhan kebutuhan gizi selama kehamilan. Tidak jarang seorang ibu yang takut anaknya tidak cukup makanan maka ibu makan secara berlebihan yang ahirnya menyebabkan pertambahan berat badan yang drastis,.

menimbulkan kesulitan melahirkan karena bayi besar dan yang paling menganggu adalah berat badan sukar turun kembali setelah melahirkan. Atau malah sebaliknya, ibu yang mungkin punya ketakutan menjadi gemuk berusaha mengurangi porsi makan meskipun ibu tahu bahwa sedang mengandung, akibatnya timbul masalah lain seperti bayi dengan berat badan rendah atau komplikasi lain pada ibu yang disebabkan gizi buruk.

Nah, sebenarnya berapa sih jumlah kalori yang dibutuhkan pada ibu yang hamil?

Dibanding wanita yang tidak hamil, wanita yang hamil membutuhkan tambahan kalori sebesar 300 kalori perhari atau setara dengan 2 gelas susu, atau semangkuk sup atau seporsi daging. Sebuah porsi makan yang tidak terlalu susah untuk di penuhi kan? Sehingga secara kasar, berat badan NORMAL yang bertambah selama hamil sekitar 10-15kg. Dalam trimester pertama, pertambahan berat badan hanya sekitar 1-2 kg, sedang dalam trimester berikutnya baru meningkat drastis dari 3 kg sampai 6kg mencapai waktu melahirkan.

Jadi, selama ibu mengalami pertambahan berat badan yang normal, kemungkinan besar kebutuhan gizinya telah terpenuhi. Ibu tidak perlu khawatir untuk makan secara berlebihan atau berusaha membatasi porsi makannya.

3 thoughts on “Gizi dalam kehamilan

  1. Pingback: overweight gak yaa?? - IbuHamil.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s