Nutrisi alami untuk kehamilan

Mengkonsumsi suplemen berupa vitamin dan  mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan cukup penting karena janin sangat membutuhkan energi dari ibu untuk pertumbuhannya, hal ini pernah saya bahas dalam artikel sebelumnya.

Tetapi, mengandalkan suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral  tidaklah cukup. Meskipun diakui memiliki manfaat yang besar, namun suplemen hanya dapat membantu dan tidak dapat menggantikan manfaat makanan yang bergizi. Vitamin dan mineral alami dari bahan makanan biasanya lebih baik kualitasnya dibanding buatan manusia.

Berikut ini adalah jenis zat gizi yang sebaiknya ibu konsumsi guna mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral selama kehamilan,

Protein yang terdapat antara lain dalam daging, telur, tahu, tempe berguna membangun sel-sel tubuh janin, pertumbuhan rahim dan payudaara. Mineral ini juga dibutuhkan untuk pertambahan cairan darah dan ketuban.

Kalsium yang terdapat antara lain dalam susu, produk susu (yogurt&keju ). Sayuran berdaun hijau juga kaya akan kalsium. Berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin serta berperan dalam kontraksi otot ketika bersalin. Kalsium juga berperan dalam pembekuan darah saat perdarahan.

Zat besi (Fe) banyak terdapat dalam daging meah, kacang kacangan dan kerang berguna untuk membentuk hemoglibin yang bertugas mengangkut oksigen keseluruh tbuh.

Asam folat yang terdapat antara lain dalam daging, sayuran , buah-buahan , dan kacang-kacangan berguna untuk mencegah cacat bawaan pada janin berupa kelainan syaraf.

Vitamin D yang terdapat antara lain dalam telur kuning, produ susu, ikan yang berlemak berguna membantu penyerapan kalsium dan fosfor dan berguna menjaga kesehatan tulang dalam masa pertumbuhan. Vitamin D juga bisa dibuat sendiri oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari.

Ternyata, sumber vitamin dan mineral melimpah disekitar  kita jadi bukan suatu alasan untuk tidak memcukupi kebutuhan zat gizi harian kita.

Ummuhannah 2011.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s