Om Megi Z bo’ong, tak ada yang lebih baik!!

Kata om Megi zet dari pada sakit hati lebih baik sakit gigi, saya tidak rela eh maksudnya saya tidak percaya…

Sama saja sakitnya, semalem suami menyuruh minum obat pain killer layaknya paracetamol atau asam mefenamat. Lumayan membantu,  saya bisa tidur tapi kalau efek kerja obat habis rasa sakitnya muncul lagi. Nut…..nut….nut, lama-lama menjalar ke kepala rasa sakitnya. Lengkap, sakit gigi dan migran. Sungguh sama-sama menyiksa antara sakit gigi dan sakit hati.

Orang dewasa saja tersiksa kalau lagi sakit gigi, tidak heran balita menjadi rewel sekali ketika giginya nyeri. Kebiasaan suka makan yang manis dan belum terbiasa sikat gigi menjadi penyebab utama gigi berlubang.

Saya teringat dosen keperawatan saya dulu mengajarkan cara mengurangi rasa nyeri, setelah saya praktekkan lumayan membantu saya. Apalagi bagi makhluk yang susah minum obat layaknya saya, tips ini perlu anda coba.

Bagaimana sih, cara mengurangi rasa nyeri pada tubuh khususnya nyeri pada gigi? berikut caranya:

  1. Berkumur dengan larutan air hangat dicampur garam.
  2. Kompres dingin juga bisa, dengan cara meletakkan es batu di daerah yang nyeri selama beberapa saat.
  3. Cara lain yang perlu dicoba adalah dengan melakukan pemijatan ringan secara melingkar di daerah yang nyeri dengan balsam (cara klasik tapi cukup manjur)
  4. Bila semua cara sudah dicoba tapi hasil kurang memuaskan, mungkin perlu di tembak dengan obat analgesik. Paracetamol adalah senjata ampuh para ibu jika si kecil kambuh sakit giginya. Selain sebagai analgetik yang aman, paracetamol juga banyak dijual di toko. sebaiknya ibu selalu menyediakan obat ini dirumah.

Sedikit tips dari dokter gigiku dulu waktu kecil, kalau sakit gigi karena gigi berlubang maka di sarankan berkumur berulang ulang sampai dirasa giginya bersih, karena banyak bakteri sisa makanan yang menyebabkan gigi sakit.

Ada cara alami obat sakit gigi yang diajarkan herbalis Abu muhammad Faris (pengisi acara Herbal dan Thibbun Nabawi di Radio Rodja) yaitu dengan mengunyah jahe tanpa gula (untuk orang dewasa) atau menggunakan 10 butir cengkih disangrai sampai hangus kemudian digiling, masukkan ramuan di lubang gigi kemudian di tutup kapas sebanyak 2x sehari.

Sebaiknya tetap pergi ke dokter gigi walaupun masalah sudah teratasi untuk mengetahui penyebab pasti, Kalau terdapat masalah seperti lubang atau infeksi maka perlu tindakan dokter gigi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s