Hamil sehat setelah keguguran

Keguguran, wanita  mana  yang mengharapkankan? Keguguran menjadikan pengalaman yang berat dan menyedihkan bagi setiap wanita yang mendambakan kehamilan. Setidaknya itu yang kulihat dari seorang teman seperjuanganku ketika dia mengabarkan kepadaku. Masih kulihat diwajahnya, sebuah raut muka hampa padahal itu telah terjadi beberapa bulan lalu. Semoga Allahuta’ala memberi ganti yang lebih baik kepada dia.

Secara psikis seorang wanita menjadi lebih khawatir terhadap kandungannya setelah ia mengalami keguguran, akankah ia bisa mengandung lagi? Itulah pertanyaan yang menjadi bayangan ketakutan dalam dirinya. Sikap kekhawatiran yang wajar masih bisa dimaklumi namun ketika kekhawatiran itu menjadi suatu sikap yang cenderung protektif maka akan menjadi masalah baru yang ditimbulkan.

Maka dari itu, menunggu selama beberapa waktu untuk mengembalikan kehidupan yang ‘hilang’ menjadi wanita yang seperti sebelumya adalah hal yang penting. Terlebih, saat keguguran, rahim telah diberi tindakan yang mengakibatkan luka sehingga membutuhkan waktu untuk sembuh layaknya sediakala. Kehamilan yang sehat bukanlah suatu hal yang mudah, karena perlu kesiapan fisik dan psikis untuk menjalaninya.

Tidak ada dua bulan setelah keguguran sudah hamil lagi mungkin banyak yang menggangap itu suatu kewajaran. Entah saya harus berkata apa dan bagaimana, sering saya mengalami beberapa kejadian seorang wanita menjadi lebih ‘ringkih’ dalam kehamilannya karena memiliki riwayat keguguran dalam waktu berdekatan. Tak jarang pula, sikap rapuh yang ditunjukan wanita hamil tersebut dibawa hingga saat bersalin. Walaupun tidak semua wanita seperti itu, tapi menurut saya mencegah lebih baik dari pada mengobati🙂

Berapa lama waktu yang disarankah untuk bisa hamil setelah keguguran? Mungkin timbul pertanyaan dalam benak anda. Tidak lama, sekitar 3 kali siklus mentruasi atau 3 bulan setelah anda keguguran. Dalam waktu itu, kemungkinan dinding rahim yang luka telah sembuh dan kondisi psikis ibu telah berangsur baik.

Untuk mencegah kehamilan, wanita bisa menggunakan metode kontrasepsi yang sesuai dengan keadaan wanita itu. Suami bisa menggunakan alat kontrasepsi barier jika dirasa itu lebih baik  daripada istrinya yang harus ber-KB. Peran suami tidak hanya dalam berbagi kesenangan dan kesusuahan, lebih dari itu. Diharapkan, suami bisa ambil bagian dalam kasus ini.

Pesan saya Ummu Hannah, untuk para suami: MARI dukung para istri mendapatkan kehamilan yang sehat fisik dan psikis.

 

18 thoughts on “Hamil sehat setelah keguguran

  1. dok. Saya punya teman. Yang beberapa bulan lalu menggugurkan kandungannya.
    dan dia selalu mengeluh sakit ke saya. Dan gangguan pada pencernaannya.
    Bagaimana caranya agar dia bisa sembuh, dan nggak mengeluh sakit lagi

  2. dok.. 2 bulan yang lalu istri saya melakukan aborsi karena alasan dalam tes pekerjaan..
    setelah melakukan aborsi pendarahan selama 11/2 bulan..
    tp sekarang istri lg min.. tapi darah yang keluar itu berbentuk gumpalan dok.. kenapa y.. dok ?

  3. dok. saya setelah 6 bulan menikah, baru hamil. tapi usia kandungan baru memasuki usia 2 bulan saya mengalami keguguran. yang ingin saya tanyakan apakah dalam waktu 1 atau 2 bulan setelah keguguran saya bisa hamil lagi?. dan kapan saya bisa hamil lagi?

  4. kalau bisa/tidaknya sih, tergantung keadaan organ reproduksi dalam mba. terutama dinding rahim yang bertugas sebagai bakal tempat penempelan calon janin dan plasenta. semakin cepat penyembuhan dan tidak ada penyulit lainnya maka kemungkinan segera hamil lebih besar. Sempat di lakukan kuretage tidak ya?kalau sempat di kuretage, biasanya dinding rahim membutuhkan masa peneymbuhan selama 3 kali siklus haid.

  5. assalamualaikum dok….
    saya mau tanya,saya keguguran saat usia kandungan 5 bulan…berapa lama saya harus beristirahat ya dok? dan kapan bisa hamil lagi? apa saya harus ber KB?
    terima kasih sebelumnya….

    • wa’alaykumusalam…
      maaf sebelumnya saya bukan dokter tapi seorang bidan. keguguran diusia kehamilan berapapun sebaiknya menunda untuk hamil selama minimal 3x siklus haid karena rahim membutuhkan waktu cukup lama untuk mengembalikan kondisi endometrium(dinding rahim) yang terluka karena bekas perlengketan plasenta. selama mba menunggu, sebaiknya menggunakan metode kontrasepsi yang tidak mengandung hormonal jika menghendaki kehamilan dalam waktu dekat.

  6. assalamualaikum bu bidan….
    sy sdh 3 tahun menikah dan blm punya anak, sdh 2 kali sy keguguran yg pertama 6 bln yg ke2 5 bln,sy sudah tes torch hasilnya negatif,dan dokter jg sdh memeriksa apakah kandungan sy lemah ternyata tidak lemah,.sdh setahun dr keguguran yg k2 skg sy program hamil lagi, kiat apa yg sy lakukan agar kehamilan berikutnya selamat?..terima kasih

  7. selamat siank mbk,.
    saya ayu sudah 6 bulan menikah dan sudah hamil 5 bulan,tapi karna kondisi
    saya yg kecapekan sehingga saya keguguran dan mengalami kuretage,,,1 bulan setelah kuretage saya belum mens,.berbahaya tidak ya kalo saya hamil dg jarak yg sangat dekat setelah kuretage???,.
    terimaksih untuk jawabannya mbk

  8. bulan oktober lalu saya mengalami keguguran dgn usia kandungan 8 minggu. tidak sampai dikuret hanya diberikan obat untuk meluruhkan karena janin masih kecil. menurut dokter memang disebabkan karena janin tidak berkembang. bulan november saya mendapat haid seperti biasa. namun bulan desember ini saya blm mendapat haid. apakah memang siklus haid belum kembali normal sesudah keguguran? haid saya sebelumnya selalu tratur 28hari. dan jika saya testpack hasilnya adalah positif apakah itu benar2 hamil lagi atau memang hormon blm normal sesudah keguguran? mohon jawabannya.

  9. Salam kenal buat bunda2 smua,nama saya yuni.anak saya msh 1 umur 3,5 thn.Saya udah 3x kguguran,apa ya obat herbalnya.Supaya saya tdk kguguran lg,saya kepingin x punya anak banyak.

  10. Saya baru saja mengalami keguguran yg ke dua kalinya,,anak saya yg pertama sdh berumur 6 tahun,,keguguran pertama terjadi di januari 2012,,dan tgl 27 maret 2013 saya cek kehamilan ternyata positif,waktu itu saya sangat menjaga kandungan ini karena trauma takut keguguran lg,namun wktu pemeriksaan pertama memang janin y blm terlihat,,seminggu kemudian saya kena sakit batuk dan flu yg ckup parah hingga harus ke dokter lg untuk minta obat,,waktu di usg janin saya sangat kecil hanya berukuran 5 mm,,pdahal sdh hitungan 5-6 minggu,,,2 minggu kemudian keluar flek,,janin cuma bertambah 10.69 mm,,seminggu kemudian flek terus keluar pdahal sdh dberi obat penguat,,namun akhir y janin y tidak bisa bertahan lama,,tgl 22 april terjadi pendarahan dan harus dilakukan tindakan kuret.
    Sedih rasanya padahal sdh pengen momong bayi lagi,,mau hamil lagi rasanya makin bertambah trauma karena sdh 2 x mengalami keguguran.
    Apakah saya masih bisa hamil? Jarak kehamilan untuk berikut y harus brp lama?

    • turut bersedih mendengarnya mba, yang sabar ya… pasti ada hikmah dibalik itu. kemarin dokter menyarankan untuk cek torch tidak mba?kemungkinan JTL(janin tumbuh lambat) salah satunya karena virus toxoplasma.insyaAllah kemungkinan hamil lagi masih ada, harus tetap optimis. saya sendiri beberapa kali pernah ketemu kasus pasien yang beberapa kali keguguran. Yang paling saya ingat, saya pernah ketemu dengan seorang ibu yang usianya hampir 50thn melahirkan setelah 4 atau 5 kali keguguran. saya rasa keadaan mba tidak seburuk itu. tetep semangat ya mba…
      mengenai kapan sebaiknya program hamil lagi, sebaiknya setelah melewati minimal 3x siklus haid.

  11. Selamat pagi bidan

    Saya mohon info, 24 April kemarin saya mengalami abortus total, janin keluar dengan sendirinya tanpa proses kuret, namun setelah itu saya tidak mengalami haid sebagaimana mestinya, setelah saya melakukakan testpack, ternyata garisnya 2.. wajarkan hamil lg setelah -+1bulan abortus total.. karna waktu itu dokter kandungan saya jg tidak menyarankan untuk menunda kehamilan..

    Terima kasih infonya

Leave a Reply

