Menghitung Perkiraan Persalinan

Setelah anda yakin bahwa anda hamil tetapi belum sempat memeriksakan kandungan anda kepada fasilitas kesehatan, biasanya ada pertanyaan-pertanyaan iseng dalam pikiran anda untuk mengetahui berapa usia kehamilan dan kapan waktu melahirkan? Toh, nanti kalau periksa ke bidan/dokter juga dikasih tahu tapi tidak ada salahnya jika anda bisa menghitung sendiri agar dapat mengurangi rasa penasaran anda.

Untuk cara menghitung berapa usia kehamilan tidak perlu saya bahas, pasti anda sudah bisa:-) Keluarga dan orang sekitar anda juga tidak kalah penasaran untuk mengetahui kapan anda akan melahirkan kelak, tak bisa dihindarkan. Pertanyaan yang sama selalu dilontarkan oleh setiap orang yang berjumpa dengan anda : kapan melahirkannya?

Nah, berikut ini cara menghitung taksiran persalinan. Ternyata, sangat mudah. Yaitu di hitung dari kapan hari pertama mentruasi terahir kemudian menambahkan angka 7 pada harinya dan menambah angka 9(atau mengurangi 3) pada bulannya.

Sangat mudah bukan?

Contoh, anda mendapat mentruasi pada senin 1 januari 2011 selama 6 hari. Jadi anda selesai mentruasi pada hari minggu. Maka untuk mengetahui taksiran persalinan anda dihitung dari hari senin tanggal 1 januari. Taksiran persalinannya adalah 1 januari+ 7 hari, bulan Januari+ 9 bulan hasilnya kira-kira anda akan melahirkan tanggal 8 oktober 2011.

Silahkan dicoba bagi anda yang tengah hamil. Selamat ya….:)

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s