Pertumbuhanmu mengagumkan!!

Dalam 24 jam setelah ovulasi, jika sel telur bertemu sperma maka akan terjadi peristiwa pembuahan. Sperma berusaha menempel dan masuk kedalam sel telur selanjutnya melebur dengan sel inti masing-masing. Peristiwa meleburnya sel inti terjadi pada tuba falopi dan kemudian berjalan menuju rahim wanita selama 7 sampai 10 hari. Telur yang sudah dibuahi berjalan diatas rambut lembut silia sepanjang tuba falopi sampai rahim yang kaya akan nutrisi.

Setelah kejadian ini, kadar hormon dalam tubuh anda mulai berubah drastic sesuai dengan jumlah yang diperlukan dalam tiap fase kehamilan.  Perubahan jumlah hormon dalam tubuh memberikan beberapa perubahan fisik
layaknya wanita yang sedang hamil.

Saat kehamilan mencapai 4 minggu, plasenta telah terbentuk secara sempurna. Kantung ketuban menopang  menyediakan kebutuhan janin selama plasenta belum terbentuk sempurna.

Saat kehamilan menginjak usia 2 bulan, janin yang awalnya berbentuk blastokista (segumpal sel) berubah menjadi embrio. Terjadi detakan jantungnya pertama kali, awalnya berdetak secara pelan lama-lama menjadi kuat dan kencang. Pada saat ini pula, bayi mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga melalui pemeriksaan USG bisa dilihat bakal kepala janin.

Saat usia kehamilan menginjak usia 3 bulan, tulang janin semakin kelihatan dangan keras. Mata janin pun terlihat lebih besar dari pada sebelumnya. Pada usia ini, berat janin sekitar 85 gram, ia mulai bergerak dan memberi salam sayang kepada kita melalui tendangannya yang lembut.sangat menggemaskan bukan?

Saat usia kehamilan 4 bulan, kaki janin lebih panjang dari pada tangannya. Paru-parunya berkembang dan detak jantung bisa di dengar melalui USG. Hai moms, tahukah perkembangan yang mengagumkan selanjutnya? Pada usia ini, janin mulai bisa menunjukan ekspresi melalui wajahnya.

Pada usia kehamilan 5 bulan, gerak janin lebih teratur dan berkoordinasi, ia bisa menghisap jempol dan respon terhadap suara ibunya Dan sidik jari mulai tampak.

Pada usia kehamilan 6-7  bulan, tubuh dan kepala janin besarnya sebanding. Alat kelaminnya mulai terbentuk, janin mulai melakukan pernafasan dan sekarang ia juga memiliki pola tidur. Pada usia 7 bulan, janin mampu mendengar suara baik dari dalam maupun dari luar. Ia mampu mengenali suara ibunya dan ketika ibu bicara jantungnya berdetak lebih kencang, Subhanallah.

Pada usia 8 bulan, kini janin telah sempurna dan siap untuk dilahirkan. Ketika ada rangsangan cahaya melalui dinding perutnya matanya berkedip. Karena berat badannya bertambah banyak, jadi ia tidak banyak bergerak dalam perut ibu.

Pada usia 9 bulan, adalah saat yang begitu dinanti. Pertumbuhannya sudah mulai berkurang, kina seolah-olah ia sedang mempersiapkan diri untuk bertemu wanita yang telah mengandungnya.

 

5 thoughts on “Pertumbuhanmu mengagumkan!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s