(Part I)Latihan kegel yuk….!

Masalah kehamilan lain sering kita alami adalah sulit menahan kencing ketika usia kehamilan yang semakin bertambah, tentunya anda akan setuju bila hal ini menyiksa. Cara mengatasinya cukup mudah, cobalah melakukan gerakan/senam kegel. Ada yang masih asing dengan istilah senam kegel? Tujuan dari latihan kegel adalah untuk memperkuat otot panggul. Otot-otot yang bekerja saat buang air kecil, buang air besar, hubungan seksual dan pastinya saat melahirkan.

Sebenarnya latihan kegel bisa dilakukan untuk berbagai tujuan, tidak hanya masalah hamil dan melahirkan. Semua keluhan yang disebabkan melemahnya di daerah dasar panggul bisa diterapi dengan latihan yang satu ini. Pada pria, melemahnya panggul juga bisa menyebabkan gangguan (ejakulasi dini).

Tidak bisa menahan kencing (inkontinensia), sering terjadi ketika anda tertawa, bersin atau batuk. Kejadian ini memang bisa terjadi pada siapapun, tetapi yang paling umum terjadi pada wanita selama hamil, saat persalinan atau setelah operasi caesar. Otot-otot dasar panggul menjadi lemah saat proses melahirkan normal, akibat dari meningkatnya tekanan pada daerah tersebut selama kehamilan dan juga dapat dipengaruhi oleh pernah melakukan operasi sesar.

Latihan kegel sangat dianjurkan bagi anda yang tengah hamil untuk mempersiapkan panggul khususnya pada tahap akhir kehamilan dan persalinan vagina. Latihan kegel juga dianjurkan pada anda yang memasuki masa menopause, saat menopause jalan lahir mengalami atrofi dan otot dasar panggul melemah. Hal ini mengakibatkan prolaps uteri(rahim keluar).

Bagaimana caranya? Mungkin itu menjadi pertanyaan anda. Sangat mudah. Anda  hanya melakukan gerakan di daerah dasar panggul seperti merasakan kontraksi. Istilah gampangnya, gerakan seperti memutus be-Abe yang keras. Lakukan gerakan ini sesering mungkin, karena tidak ada bahaya yang ditimbulkan jika melakukan latihan ini seserin mungking. Jadi, ayo mencoba!!!

 

 

 

 

3 thoughts on “(Part I)Latihan kegel yuk….!

  1. Pingback: Air Ketuban Vs Urin « …and life is goes on

  2. Pingback: (Part II)senam kegel saat nifas. « …and life must go on

  3. Ejakulasi dini, kok selingkuh

    Dokter Ahli Adrologi & Seksologi, Prof.DR.Dr.Wimpie Pangkahila Sp.And, dalam tabloid Gaya Hidup Sehat Tahun XII No.8 / 20 – 26 Mei 2011 ruang Konsultasi, menanggapi kasus yang datang dari seorang ibu bernama R di Jakarta. Suami R berusia 40 tahun, yang merupakan suami kedua. Ketika bertemu pertama kali, si suami, katakanlah bernama S, masih perjaka dan pengangguran (tidak punya kerja tetap).
    R sendiri adalah seorang janda dengan dua anak, kini, R telah memiliki dua anak lagi bersama S. Menurut R, S pernah selingkuh dengan kakak kandung R. Setelah tertangkap basah, S lantas meminta maaf. Hanya saja, di mata R tingkah laku S sekarang agak aneh.
    R menemukan Super Stud 007 Delay Cream for Men netto 5 gram (gambar kuda coklat), bentuk salep bekas pakai. R tidak mengerti apa yang dilakukan S dengan obat tersebut, apalagi orgasme dalam berhubungan seksual.
    Menurut R lagi, S termasuk golongan pria editansil (ejakulasi dini tanpa hasil). Namun yang membuat R heran adalah mengapa dirinya bisa hamil. Selain itu, S juga berselingkuh walau ia mengalami ejakulasi dini.
    Pemati Rasa Lokal
    Agaknya suami R itu memang mengalami ejakulasi dini. Selain berdasarkan keluhan R, S juga ternyata telah berusaha agar tidak mengalami ejakulasi yang terlampau cepat. Terbukti S telah menggunakan obat salep tersebut.
    Sayang sekali salep yang agaknya mengandung bahan pemati rasa lokal itu tidak dapat mengatasi masalah tersebut. Karena itulah R menyatakan tidak merasakan manfaat salep itu. Artinya, R tetap saja tidak dapat mencapai orgasme karena S tetap saja cepat mengalami ejakulasi.
    Sebenarnya bahan pemati rasa lokal seperti itu sudah tidak digunakan lagi dalam pengobatan ejakulasi dini. Masalahnya, penyebab ejakulasi dini bukan karena terlalu peka atau tidak di bagian penis. Meski demikian, karena iklannya gencar, salep pemati rasa itu tetap saja ada yang membeli. Tentu para pembeli adalah pria yang tidak mengerti, sehingga mudah terkecoh oleh iklan seperti itu.
    Banyak pria yang menggunakan salep pemati rasa seperti itu menyatakan tidak nyaman dan tidak bermanfaat. Di pihak lain, pasangannya ada yang mengeluh justru tidak merasakan apa-apa.
    Selain itu, banyak pria yang menganggap dirinya mengalami ejakulasi dini, padahal belum tentu demikian. Boleh jadi ejakulasinya terlampau cepat dan tidak dapat dikontrol berkaitan dengan ereksi yang tidak optimal. Dalam keadaan demikian penggunaan salep pemati rasa seperti itu, semakin tidak bermanfaat dan tidak tepat sama sekali.
    Bisa Semakin Kecewa
    Mengenai kehamilan, tidak ada hubungan dengan suami mengalami ejakulasi dini. Asal sperma dapat masuk melalui vagina dan tidak ada gangguan kesuburan di pihak suami dan pihak istri, kehamilan tetap dapat terjadi. Jadi ejakulasi dini tidak ada kaitan dengan gangguan kesuburan.
    Tentang perselingkuhan yang dilakukan, itu juga tidak ada kaitan dengan ejakulasi dini yang dialami. Perselingkuhan berlangsung kalau ada kemauan kedua pihak dan ada kesempatan. Kebetulan kakak R juga bersedia, sehingga berlangsunglah peristiwa itu.
    Tidak sedikit pria yang menyadari dirinya mengalami gangguan fungsi seksual, ingin mencoba dengan orang lain. Mereka hanya ingin membuktikan apakah kalau dengan orang lain, juga mengalami gangguan yang sama.
    Risikonya, kalau gangguan tetap terjadi, mereka akan semakin kecewa, jengkel, malu, dan berbagai tekanan psikis yang lain. Akibatnya fungsi seksualnya semakin buruk. Cara terbaik adalah berkonsultasi lebih jauh untuk mendapat pengobatan dengan tepat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s