Manfaat senam hamil

Ketika anda menyadari bahwa anda hamil, anda cenderung bersikap lebih berhati-hati. Tak jarang, sikap seperti ini membuat anda menghentikan segala kegiatan dan memilih berbaring di tempat tidur seharian. Perlu diketahui, kehamilan dan persalinan pada dasarnya merupakan proses yang normal, tanpa intervensi dari luar pun ia tetap bisa berlangsung. Memang ada kehamilan dan persalinan yang tidak normal sehingga membutuhkan perawatan khusus seperti mengurangi aktivitas dan memperbanyak istirahat.

Kehamilan dan persalinan yang tidak normal sering di masukkan dalam kelompok penyulit yang sebaiknya anda perhatikan, penyulit tersebut seperti kehamilan yang disertai penyakit hipertensi, diabetes mellitus, penyakit jantung, pre eklamsi, placenta letak rendah (plasenta previa), atau jika usia kehamilan anda kurang dari 12 minggu sebaiknya tidak melakukan senam hamil.

Jika anda termasuk yang mengalami kehamilan yang normal, ada baiknya melakukan olahraga senam hamil. Banyak manfaat yang diperoleh, antara lain:

  • Meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan
  • Menguatkan dan meregangkan otot tertentu, terutama otot yang berperan dalam persalinan
  • Meningkatkan relaksasi tubuh terutama otot dasar panggul
  • Melatih teknik pernafasan untuk mengatasi nyeri his saat persalinan
  • Mengurangi keluhan-keluhan saat hamil seperti nyeri punggung dank ram pada kaki
  • Mempersiapkan fisik dan mental anda ketika menghadapi persalinan kelak.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencoba melakukan senam hamil bagia anda yang tidak memiliki kegawatan dalam proses kehamilannya. Sebaiknya hubungi bidan/dokter anda untuk lebih memastikan boleh tidaknya anda mengikuti senam hamil. Sekarang, banyak klinik atau kelompok ibu hamil yang menjadukan senam hamil sebagai menu dicoba. Anda tertarik?

Bersambung.

 

2 thoughts on “Manfaat senam hamil

  1. Pingback: Tahapan senam hamil « …and life is goes on

  2. usia kehamilan saya masih berusia 5bulan, tapi pinggang saya sudah sering sakit,,,pengenya sih ikut senam hamil tapi katanya minimal harus usia 7 bulan ke atas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s