Tahapan senam hamil

Melanjuti tread saya yang sebelumnya, berikut adalah cara mempraktekkan senam hamil.  Sebuah gerakan senam yang sering dilakukan ibu – ibu hamil yang bertujuan untuk menyamankan kehamilan dan mempersiapkan persalinan. Senam hamil mempunyai komponen dasar yaitu latihan kebugaran, latihan penguatan dan  peregangan, latihan relaksasi dan latihan pernafasan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak tahap-tahapnya yang berikut ini:

  • Pemanasan dilakukan selama sekitar 5 menit dengan cara jalan ditempat,gerakan pelan-pelan dari leher sampai ijung kaki (kaya pemanasan SKJ 98 he2)
  • Latihan kebugaran selama 15 menit  dan pendinginan 5 menit dengan gerakan ditngkatan sedikit lebih berat daripada pemanasan.
  • Latihan penguatan dan peregangan sekitar 5 menit bengan posisi duduk, merangkan dan tidur.
  • Latihan relaksasi danpernafasan selama 5 menit dalam posisi tidur.
  • Latihan peregangan yang merupakan ahir dari latihan senam, posisi tidur miring dan disangga bantal(terutama pada perut). Sambil menghirup dan menghembuskan nafas, ibu berkata pelan dengan mengucapkan :’saya – kuat: bayi -sehat: hamil – nyaman: bersalin – mudah: bu bidan – cantik:

**yang terahir di ucapkan jangan sampai lupa:-)**

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s