Tanda utama persalinan

Setelah selama 9 bulan (38 minggu) mengandung, kini tiba saat yang ditunggu melahirkan buah hati. Bagi ibu yang pernah melahirkan tidak begitu ‘gamang’ menghadapi proses melahirkan, tapi bagi ibu yang baru hamil pertama kali sangat sulit untuk mendapatkan bayangan apa yang akan terjadi nanti. Ketakutan dan kebingungan seakan melekat dalam benak, apa yang harus dilakukan adalah bersikap rileks dan tenang,

Persalinan biasanya ditandai dengan beberapa kejadian, bila muncul tanda yang saya maksud kemungkinan ibu akan melahirkan dalam waktu dekat. Tanda-tanda tersebut harus ibu ketahui agar tidak menimbulkan kepanikan yang ujungnya menjadikan ‘repot’ seluruh keluarga. Lalu, tanda apa sajakah itu?

Bloody show, yaitu keluarnya lender darah dari kemaluan yang berwarna coklat seperti lender pertama kali ketika sedang haid. Jika telah muncul bloody show kemungkionan pertanda persalinan akan berlangsung sebentar lagi. Setiap ibu bervariasi antara beberapa minggu, hari dan beberapa jam lagi akan melahirkan.

Tanda ke dua yaitu dimulainya kontraksi yang sering dan teratur. Kontraksi ketika akan bersalin rasanya seperti mulas saat ingin buang air besar yang semakin lama semakin kuat dan sering. Ibu sebaiknya segera datang ke tempat bersalin jika kontraksi terjadi setiap 5-10 menit  yang durasinnya lebih dari 40 detik setiap kontraksi dan mekin lama makin kuat sakitnya.

Tanda terahir yang saya sebutkan adalah  jika pecah air ketuban, air ketuban biasanya jernih dan tidak berbau, perlu di ketahui jika sudah pecah ketuban biasanya kehamilan sudah tidak bisa di pertahankan lagi. Sebaiknya segera berangkat ke tempat bersalin.

Di tulis oleh ummuhanah 18 maret 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s