(Part II)senam kegel saat nifas.

Tidak sengaja buka folder yang berisi tulisan saat jaman perjuangan dulu saya menemukan artikel pribadi mengenai gerakan senam kegel saat nifas lalu terbetik niat untuk menyebarkan kepada ihwah sekalian. Maklum, ummuhanah ini orang yang baik hati dan tidak pelit he he.

Back to mas tofik: Lalu seperti apa sih gerakan-gerakannya? Coba perhatikan dan kemudian praktekan cara ummu hanah ini.

  1. Tidur terlentang dengan kedua tangan diperut, tutup mata dan mulai perhatikan irama nafas. Rasakan kedua tangan akan naik ketika menarik nafas dan turun ketika mngeluarkan nafas.
  2. Untuk memperkuat otot paha : Kencangkan/ kerutkan otot-otot pantat dan pinggul, tahan sampai hitungan kelima. Kendurkan, ulangi latihan sebanyaklimakali.
  3. Memutar pergelangan kaki untuk melancarkan sirkulasi darah. Buat 10 kali lingkaran dngan prgelangan kaki memutar arah jarum jam dan ulangi dengan arah berlawanan jarum jam.
  4. posisi duduk kaki lurus kedepan , naikan kedua lengan diatas kepala jaga kedua siku tetap lurus. Kedua tangan bertemu pertahankan posisi tersebut sampai 1 menit.
  5. turunkan kedua lengan disampimg badan, telapak tangan menghadap kebawah dan jaga punggung tetap lurus. Naikan ke-2 punggung tangan bersama-sama sejauh ibu mampu ke arah belakang pungung. Pertahankan posisi ini selama 10 menit,ulangi 3-5 kali.

Setelah kemarin saya membahas mengenai latihan senam kegel saat hamil, ternyata ada manfaat lain yang perlu di coba untauk anda sekalian yang baru saja melahirkan. Yups, senam kegel saat nifas ternyata bisa  membuat otot-otot perut dan panggul kembali normal, saat otot-otot perut kembali normal maka menjadi lebih  kuat dan kencang. Selain itu latihan senam kegel ini dapat mengurangi rasa sakit pada pungung.

3 thoughts on “(Part II)senam kegel saat nifas.

  1. aku krg paham, gmna sih cra’ya. Tlong jlskn. Wktu sya mlhirkn 5BLN yg lalu, “V” sya msih sakit. Krna abis d jait. smpe skrg jg msih trsa. Mngkn dgn snam kegel ini mdah”an sakit’ya trsa rngan. Sya gx tau gmna cra’ya. Tlg jlas kn.

    • intinya sama dengan senam hamil mba, cuma gerakan lebih sedikit karena terkonsentrasi di perut dan perineum(daerah antara jalan lahir dan dubur). sebagai pertimbangan, coba diraba daerah perineum apa terdapat benjolan atau tonjolan dibekas jahitan karena kalau secara keumuman luka jahitan akan sembuh dalam 2 minggu. kalu sudah 5 bulan masih sakit saya khawatir itu bekas jahitan yang tidak menutup dengan sempurna karena kemarin ada infeksi.

  2. ada jg (benjolan) dbibir sbelah kanan, itu jg d dlam nya, tp klu d rba itu itu gx ada, klu aku tekan rsanya sakit, apa lgi klu habis d pke.(ML). saya tkut klu benjolaN itu gx hilang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s