Metode Kontrasepsi (part I)

Setelah melewati masa kehamilan dan persalinan, ternyata, tidak sedikit ibu yang telah memasuki fase “istirahat” masih kebingungan dalam menentukan metode kontrasepsi yang pas untuk mengatur rencana kelahiran berikutnya.

Yup, tubuh memang memerlukan waktu untuk pulih setelah mengalami berbagai adaptasi selama kehamilan. Islam, sebagai agama yang sempurna menganjurkan menyusui anaknya hingga usia 2 tahun baru kemudian menyapihnya. Selama 2 tahun tubuh cukup untuk memulihkan organ-organ reproduksi guna menyongsong kehamilan yang optimal berikutnya.

            Untuk mencegah kehamilan ada beberapa 2 metode kontrasepsi yang perlu kita ketahui, yaitu metode sederhana seperti kondom, spermisid, koitus interuptus, pantang berkala. Dan yang kedua yaitu metode efektif seperti  hormonal (pil kb, suntik kb, susuk kb), mekanisme (iud), kontrasepsi darurat.

            Pada kesempatan kai ini saya akan membahas mengenai metode kontrasepsi efektif hormonal yang sangat familiar bagi kita,apalagi kalau bukan kontrasepsi Pil dan suntikan. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan yang mau lewat ini.

A.      PIL KB

1.    Pil KB adalah pil tablet yang berisi hormon yang berguna untuk mencegah terlepasnya sel telur wanita dari indung telur.

2.    Ada dua kemasan pil yang terdiri kemasan dengan 21 tablet dan kemasan 28 tablet.

3.    Cara meminumnya yaitu :

a.  Pil harus diminum setiap hari satu tabet.
b.  Pil yang terdiri 21 tablet di minum pada hari ke lima haid.
c.Pil yang terdiri 28 tablet di minum pada hari pertama haid.
d.  Segera minum bila lupa, menggunakan alkon lain bila akan berhubungan untuk mencegah kehamilan.

4.  Keuntungan menggunakan pil KB adalah apabila meminum secara benar maka akan mencegah terjadinya kehamilan, sebagai pengobatan endomertiosis, terapi ketegangan menjelang haid, terapi perdarahan haid yang tidak teratur, dapat meningkatkan libido.

5.  Kelemahan pil KB adalah harus meminum scara teratur, dapat terjadi kehamilan bila meminum tidak dngan cara yang tepat. Dapat terjadi bercak perdarahan diluar haid. Bertambah berat badan. Pusing. Mual dan muntah.

B.     SUNTIKAN KB

1.    Suntik KB adalah obat suntik berisi hormon yang mempunyai tujuan tertentu.

2.    Ada dua macam suntik KB yaitu depo provera dan nofrat. Cara kerjanya antara lain mengentalkan lendir mulut rahim sehingga sperma tidak dapat masuk kedalam rahim dan menipiskan selaput lendir rahim sehingga calon janin tidak dapat tertanam ddi dinding rahim.

3.    Macam suntikan KB:

a.  Depoprovera yang mengandung medroxyprogesteron acetat 150 mg

b.    Cyclofem yang mengandung medroxyprogesteron acetat 50 mg dan komponen esterogen.

c.    Norigest 200 mg yang merupakan derifvat testosteron.

4.    Keuntungan KB suntik adalah praktis dan efektif, aman dan cocok digunakan pada ibu yang sedang menyusui anaknya karena tidak mempengauhi produksi ASI.

5.    Kelemahan KB suntik adalah haid menjadi tidak teratur, perdarahan diluar siklus, keputihan, jerawat, perubahan berat badan.

6.    Kontraindikasi suntikan KB adalah

a.  Wanita hamil

b.  Perdarahan yang tidak normal

c.  Kanker

d.  Kardiovaskuler

e.  Tumor yang mengarah pada keganasan

Demikian uraian singkat dari ummuhanan semoga member manfaat. Nah, untuk mendapatkan info lebih lengkapnya silahkan tanyakan pada bidan anda.

3 thoughts on “Metode Kontrasepsi (part I)

  1. @percetakan undangan: hampir semua metode kontrasepsi yang hormonal mempunyai efek bu/pak. seperti suntk 3 bulan/1 bulan, pil, dan implan/susuk. tetapi efeknya bertingkat. kalau ingin menghindari efek yang kurang diinginkan, bisa menggunakan metode KB alami seperti kalender dan kondom/cap.tetapi ke-efektifitasnnya kurang dibanding metode hormonal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s