Perawatan payudara (Breast Care) sendiri dirumah? Mudah kok!

ImageBeberapa waktu yang lalu, tidak sengaja liat acara infotaiment di TV tetangga. Di acara itu ada wawancara seorang presenter terkenal yang emosi karena di tweeter ada ibu-ibu yang “katanya” mencibir istrinya mas presenter terkenal itu tuh karena tidak bisa memberikan ASI ekslusif pada anak pertamannya. Hem,saya akui kalau ada ibu2 ngumpul terus ngrasani kadang sampai telinga merah. ups!! Well, cukup forgosnya, sekarang kembali ke pokok bahasan sesuai judul. Tujuan perawatan payudara untuk membersihkan payudara terutama didaerah areola dan menyiapkan payudara sedini mungkin agar ketika bayi menyusui payudara telah siap. Nah, presenter itu beralasan karena kurang pengalaman dan kurang persiapan breast care selama istrinya hamil. Jadi, air susunya tidak bisa keluar sesaat setelah melahirkan.

Tetapi, breast care tidak hanya bermanfaat untuk memperbanyak / memperlancar produksi ASI. breast care juga bermanfaat Memelihara kesehatan payudara juga lho, dan yang tidak kalah penting breast care berguna untuk mengetahui secara dini masalah-masalah yag berkaitan dengan payudara sehingga siap ketika akan menyusui Lalu, Persiapan alat apa saja dan bagaimana pelaksanaan breast care? berikut ini waarisan kecil sewaktu masih duduk di bangku perkuliahan yang masih tersisa, silakan disimak:
siapkan Handuk 2 buah, Waslap 2 buah, Waskom 2 buah, minyak kelapa  secukupnya, dan kapas.

Pelaksanaan :

  1. Dekatkan alat-alat, jangan lupa menutup jendela / pintu
  2. Buka pakaian bagian atas
  3. Pasang handuk dibawah perut mengitari pungung
  4. Putting susu dan areola di bersihkan dengan kapas minyak kelapa
  5. Usap kedua telapak tangan dengan minyak kelapa
  6. Tempatkan kedua telapak tangan ditengah-tengah payudara
  7. Arah urutan dimulai dari arah atas kemudian turun kesamping dengan cara telapak kiri ke payudara sebelah kiri dan telapak kanan ke payudara sebelah kanan, buat putaran sampai kedua tangan pada posisi semula, gerakan sebanyak 20 sd 30 kali
  8. Telapak tangan kiri menopang payudara kiri sedangkan tangan kanan mengurut payudara dari pangkal atas kearah putting susu dengan menggunakan kepalan sisi luar tangan kanan. Lakukakan hal yang sama pada payudara sebelah kanan.
  9. Telapak tangan kiri menopang payudara kiri sedang tangan kanan mengurut payudara kiri dari pangkal atas kearah putting susu dngan menggunakan buku-buku jari.
  10. Ketuk-ketuk sekeliling putting dengan lembut dengan jari atau ujung ruasruas jari.
  11. Tariklah puting susu kearah luar jika termasuk putting susu masuk kedalam.
  12. Kompres payudara dengan air hangat selama 5 menit kemudian air dingin selama 5 menit, kemudian keringkan dengan handuk.

Sebagai saran, pakaillah kutang yang sesuai dengan ukuran payudara dan mampu menyangga dengan baik.

cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya bukan moms? so, lets do it.
___Ummuhanahbidanindah___

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s