Apa yang terjadi saat bersalin?

Kini tiba saatnya memasuki masa yang paling di tunggu, setelah 9 bulan mengandung dengan segala rasanya. Yah, saatnya ibu memasuki fase persalinan. Kali ini saya akan membahas mengenai apa yang terjadi saat bersalin, sebelummnya saya telah membahas tanda-tanda dari persalinan itu sendiri.

Ada 4 fase yang menjadi poin dalam persalinan,

Masa persalinan awal yang di tandai dengan leher rahim membuka sampai 3 cm, untuk lebih jelasnya mengenai pembukaan persalinan silakan membaca ini. Masa persalinan awal juga di tandai dengan kontraksi yang mulai teratur selama 30-60 detik dan berjarak 5-20 menit sekali.

Masa persalinan ke dua yaitu masa aktif yang mana leher rahim membuka antara 4-6 cm. kontraksi lebih lama (60-75 detik), lebih kuat sakitnya dan lebih sering munculnya (1-3 menit). Pada fase aktif ibu masih berjalan berkeliling atau berdiri jika ibu bosan berbaring. Untuk menjaga kontraksi supaya tetap kuat, sebaiknya jangan tidur terlentang dalam waktu yang lama karena bisa mengaruhi pasoka oksigen ke janin. Penting juga mengatur pernafasan secara lambat dan dalam. Untuk memudahkan penurunan kepala janin, berkemihlahsetiap kali terasa ingin.

Masa persalinan yang ke tiga yaitu masa transisi dimana fase ini adalah fase tersulit dalam persalinan, namun jangan takut karena fase ini berlangsung paling cepat dari fase sebelumnya. Dada fase transisi, leher rahim membuka maksimal yaitu 8-10 cm yang mana cukup untuk bisa dilalui kepala janin. Kontraksi sangat panjang(90-120 detik) dan terjadi hampir setiap menit dan sangat kuat dari sebelumnya. Pada fase ini, ibu mempunyai keinginan mengedan yang kuat, tapi ingat jangan mengedan bila belum ada anjuran mengedan karena malah akan menyulitkan proses persalinan.

Masa persalinan yang terahir adalah masa kelahiran, betul sekali jika tahapan ini serasa puncak dari semua perjuangan. Masa dimana mulut rahim sudah membuka secara sempurna dan keinginan mengedan sudah tidak bisa ditahan lagi. Kepala bayi perlahan-lahan mulai terlihat dan lahir kedunia. Saat ini terjadi, berhentilah mengejan karena setelah ini, bidan lah yang akan bekerja meng-eksekusi bayi anda. Bidan akan menarik secra perlahan-lahan sampai semua badan bayi terlahir ke dunia yang kemudian memotong tali pusatnya. Dan, selesailah sudah… selamat menjadi ibu dan semoga menjadi anak yang soleh dan sholehah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s