Pembukaan jalan lahir, Bagaimanakah?

Suatu ketika saya sedang menolong persalinan, sang ibu ditemani oleh suami dan keluarganya. Kejadian yang menggelitik terjadi ketika pembukaan ke 2, ternyata setelah ditunggu sekian lama tidak juga bertambah lebar jalan lahirnya alias masih tetep pembukaan 2. Sesuai dengan prosedur pertolongan persalinan, saya hendak memberi penjelasan kepada suami pasien jika pembukaan tidak bertambah pula maka kemungkinan akan dibawa ke Rumah Sakit.

diberi penjelasan, bukannya menyetujui saran saya, malah sang suami minta waktu untuk pulang kerumah sebentar. Saya pikir, mungkin si bapak ini sedang menyiapkan segala keperluan jika jadi di bawa ke Rumah Sakit.

Sesampai di Klinik, suami pasien ini berkata ; mbak, coba istri saya di periksa lagi siapa tahu sudah bertambah lebar. Tadi ketika saya pulang kerumah, pintu dan jendela sudah saya buka lebar-lebar. Oh, bapak…..TIDAK ada hubungannya. Sambil  nyengir, ku jelaskan sebisaku….

Okey…dari sini saya ingin berbagi sedikit tentang istilah “pembukaan” yang mungkin banyak diantara teman kita yang masih kurang paham.

Saya hanya membahas mengenai pembukaan jalan lahir pada ibu yang mengalami  persalinan normal bukan pada ibu yang mengalami persalinan patologis (kegawatan yang membutuhkan penanganan yang lebih serius).

Allah azza wa jalla, dzat yang maha sempurna telah menciptakan segala sesuatu tanpa ada kekurangan sedikitpun. Termasuk juga mengenai  jalan lahir sang bayi yang telah tercipta sedemikian rupa hingga memungkinkan terjadi proses persalian yang mengagumkan. Istilah pembukaan satu, pembukaan lima atau pembukaan lengkap dapat diketahui melalui pemeriksaan Jalan lahir pada mulut rahim yang disebut cervik.

Sungguh kekuasan Allah azza wa jalla atas makhluk-Nya, Dia merancang cervik sebagai pintu keluar sang bayi  dengan kelenturan dan elastis. Nah, ketika akan terjadi proses persalinan cervik akan membuka dan menipis hingga bisa dilalui kepala bayi  yang awalnya tebal, sempit dan kaku.

Ada yang belum kenalan sama cervik?

Bentuk rahim sebelum proses persalinan seperti buah alpukat keseluruhan. Pada bagian dekat tangkai, dalam istilah orang jawa yaitu bagian yang mecucu adalah mulut rahim alias cervik. Ketika proses persalinan cervik akan menipis dan menjadi elastis dan pada akhirnya akan datar dan rata. Nah, sekarang bentuk rahim dan cervik menjadi seperti telur ayam. Rata dan tidak ada bagian yang mecucu.

Proses yang semula cervik mecucu, kaku dan sempit menjadi datar, elastis,lentur  dan melebar  ini membutuhkan waktu yang berbeda dan tentunya tingkat rasa sakit yang berbeda pula. Semakin lebar pembukaan mulut rahim (cervik) biasanya rasa sakit semakin bertambah pula. Pembukaan cervik dimulai dari 1cm sampai 10cm(lengkap) dimana untuk ibu yang baru pertama kali melahirkan setiap cervik membuka 1cm memerlukan waktu 2 jam sehingga waktu proses persalinan bisa diprediksikan. Adapun ibu yang pernah melahirkan membutuhkan waktu yang lebih cepat yaitu setiap 1cm memerlukan waktu setengah jam.

Nah, setiap bidan atau dokter melakukan pemeriksaan dalam kemudian mengukur sudah berapa centimeterkah pelebaran cervik….itu yang dimaksud sudah pembukaan sekian atau sekian. Kalau mereka mengatakan baru pembukaan 3 berarti cervik baru melebar yang diameternya 3 cm, begitu…

Sekian,

 

6 thoughts on “Pembukaan jalan lahir, Bagaimanakah?

    • Ini kehamilan yang keberapa dulu sist?biasa dalam persalinan sering ketemu kasus seperti itu terutama pada persalinan yang pertama kali. kalau sudah pernah melahirkan sebelumnya, malah perbukaan 1 belum bisa dikatakan akan bersalin dalam waktu dekat🙂.Dalam persalinan bukan hanya dilihat dari berapa pembukaanya saja. tapi juga ada kontraksi yang teratur, lama(lebih dari 45 menit), kuat dan keluarnya lendir darah seperti ketika awal haidh. kalau tanda yang saya sebutkan tadi belum ada, jangan kwatir. tetep lakukan aktivitas seperti biasa. TAPI, kalau ada tanda kegawatan seperti pecah ketuban atau tidak merasa gerak bayi dan kontraksi sebaiknya di periksakan.
      semoga Allahuta’ala memudahkan persalinan sist Fitriana…..

    • lewat berapa hari mba? sebaiknya diperiksakan ke bidan/ dokter anda karena kehamilan lewat waktu/ serotinus bisa berdampak kurang baik bagi janin. seperti keadaan plasenta yang mulai tua dan rapuh kadang ada pengaputan dan kondisi air ketuban yang semakin keruh/ pekat. masalah berapa lebar pembukaan mba beiby,ini kehamilan yang ke berapa? perlu diketahui, ada beberapa wanita yang mempunya mulut servik normal yang agak membuka (kebanyakan kehamilan ke2 dan seterusnya). jadi, kalau masih pembukaan 1, dalam ilmu kebidanan bukan tanda akan dimulainya persalinan.semoga Allah memberikan kesehatan dan keselamatan buat ibu dan bayinya. Amiin..

  1. Gimana seh taunya uda terjadi pembukaan atau belum?
    Maklum kehamilan pertama, jadi agak mules dikit uda excited aja pgn cepet2 k dokter..
    Mohon informasinya
    Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s